Jumat, 03 Mei 2013

neo sifat fisika dankimia protoplasma

Secara fisis, protoplasma mempunyai viskositas yang bervariasi, tergantung pada kuran serta densitas (kerapatan) partikael yang ada didalamnya. viskositas protoplasma pada suatu bagian sel dapat berbeda dari bagian yang lain. keadaan ini dapat dilihat antara lain pada sel amoeba. bagian luar sitoplasma amoeba (ektoplasma) memiliki viskositas yang lebih tinggi dari bagian dalam (endoplasma). hal ni mmungkinkan amoeba dapat bergerak menggunakan kaki semu atau pseudopodia.

komponen utam protoplasma adalah air, maka sifat -sifat protoplasma juga tidak jauh berbeda dengan air. beberapa sifat fisika dakimi air diantaranya meliputi kapasitas panas, panas penguapan , dan viskositas (kekentalan) serta sifatnya sebagai molekul bipolar.

kapasitas panas adalah banyaknya panas yang diperlukan untuk menaikan suhu 1 gr air setinggi 1 drajat C. hal tersebut berarti bahwa untuk menaikan suhu air setinggi 1 drajat diperlukan panas atau kaor dari lingkungan dalam jumlah relatif besar. sebaliknya , jiak suhu air turun sebesar  drajat C, panas/kalor dalam jumlah relatif besar akan dilepaskan ke lingkunganya. sifat yang demikian penting untuk menjaga stabilitas suhu.

panas penguapan adalah jumlah panas, jumlah energi yang diperlukan untuk mengubah cairan mnjadi gas pada suhu yang sama. hal ini sangat penting untuk hewan untuk mnjaga stabilitas suhunya. contoh mekanisme ini adalh tubuh yang berkeringat pada saat berolah raga. pana suhu tubuh yang meningkat akan diserap oleh keringat. senakin lama kerinagat menempel dikulit, maka semakin banyak keringat menyerpa panas dari tubuh hingga akhirnya menguap, selanjutnya suhu tubuh kembali pada keadaan normal.

viskositas (kekentalan), karena viskositas air relatif rendah menyebabakan air mudah mengalir ke seluruh bagian ruang antar seldidalam tuuh hewan. kandungan air yang cukup tinggi dalam darah menyeabakan aliran darah berlangsung lancar.


demkianlah sifat fisika dan kimia protolasama, mudah - mudahan dapat menjdai wahana ilmu baru untuk rekan - rakan pembac terimakasih. mohon masukan, kritik tow saran nya,,^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar